Rabu, 21 April 2010

HAKIKAT CIRI DAN KOMPONEN

Kegiatan belajar mengajar adalah suatu kondisi yang dengan sengaja diciptakan. Gurulah yang menciptakannya guna membelajarkan anak didik. Guru yang mengajar dan anak didik yang belajar.

Sebagai kegiatan yang bernilai edukatif, belajar mengajar mempunyai hakikat, ciri dan komponen. Ketiga aspek ini betul guru ketahui dan pahami guna menunjang tugas di medan pengabdian. Ketiga aspek ini diuraikan pada pembahasan berikut;

A.Hakikat Belajar Mengajar

Padahal belajar pada hakikatnya adalah ‘’perubahan’’ yang terjadi di dalam diri seseorang setelah berakhirnya melakukan aktivitas belajar, walaupun pada kenyataannya tidak semua berubah termasuk katagori belajar. Misalnya,perubahan fiisik, mabuk, gila dan sebagainya.

Akhirnya, bila hakikat belajar adalah ‘’perubahan’’, maka hakikat belajar mengajar adalah proses ‘’pengaturan’’ yang dilakukan oleh guru.

B.Ciri-ciri Belajar Mengajar

Sebagai suatu proses pengaturan,kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari ciri-ciri tertentu, yang menurut Edi Suardi sebagai berikut ;

1. Belajar mengajar memiliki tujuan, yakni untuk membentuk anak didik dalam suatu perkembangan tertentu

2. Ada suatu prosedur (jalannya interaksi ), yang direncanakan, didesain untuk mencapai yang telah ditetapkan.

3. Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan suatu penggarapan materi yang khusus,

4. Ditangani dengan aktivitas anak didik

5. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru berperan sebagai pembimbing

6. Dalam kegiatan belajar mengajar membutuhkan disiplin

7. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam sistem berkelas (kelompok anak didik), batas waktu menjadi salah satu ciri yang tidak bisa ditinggalkan

8. Evaluasi, dari seluruh kegiatan diatas, masalah evaluasi bagian penting yang tidak bisa diabaikan, setelah guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

C.Komponen-komponen Belajar Mengajar

Sebagai suatu sistem tentu saja kegiatan belajar mengajar mengandung sejumlah komponen yang meliputi tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat dan sumber serta evaluasi penjelasan dari setiap komponen tersebut adalah sebagai berikut:

1.Tujuan

Tujuan adalah suatu cita-cita yang ingin dicapai dari pelaksanaan suatu kegiatan.

2.Bahan pelajaran

Bahan pelajaran adalah subtansi yang akan disampaikan dalam proses belajar

Mengajar. Ada dua hal persoalan dalam penguasaan bahan pelajaran pokok dan bahan pelajaran pelengkap

3.Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan belajar mengajar adalah inti kegiatan dalam pendidikan. Segala sesuatu yang telah diprogramkan akan dilaksanakan dalam proses belajar mengajar.

4.Metode

Metode adalah suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan belajar mengajar, metode diperlukan oleh guru dan penggunaannya bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai setelah pengajaran berakhir.

5.Alat

Alat adalah segala sesuatu yang dapat digunakan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Alat dapat di bagi menjadi dua macam ,yaitu alat dan alat bantu pengajaran Alat adalah berupa suruhan ,perintah,larangan dan sebagainya .sedangkan alat Bantu pengajar adalah globe,papan tulis, batu tulis, batu kapur, gambar, dll.

6.Sumber Pelajaran

Yang dimaksud dengan sumber-sumber bahan dan belajar adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat dimana bahan pengajaran terdapat atau asal untuk belajar.dengan demikian, sumber belejar itu merupakan bahan/materi untuk mengubah ilmu pengetahuan yang mengandung hal-hal baru bagi si pelajar

7.Evaluasi

Istilah evaluasi berasal dari bahasa inggris,yaitu evaluation.jadi,menurut Wand dan Brown,evaluasi adalah suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu.sesuai dengan pendapat diatas,maka menurut Wayan Nurkancana dan P.P.N.Sumartana,(1983;1) evaluasi pendidikan dapat diartikan sebagai suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai segala sesuatu dalam dunia pendidikan atau segala sesuatu yang ada hubungannya dengan dunia pendidikan.

Berbeda dengan pendapat tersebut,Ny.Dr.Roestiyah.N.K.(1989;85) mengatakan bahwa evaluasi adalah kegiatan mengumpulkan data seluas-luasnya,sedalam-dalamnya,yang bersangkutan dengan kapabilitas siswa guna mengetahui sebab akibat dan hasil belajar siswa yang dapat mendorong dan mengembangkan kemampuan belajar.

Dari kedua pengertian evaluasi tersebut,dapat diketahui tujuan pengguna evaluasi.Tujuan evaluasi dapat dilihat dari dua segi,yaitu tujuan umum dan tujuan khusus L.Pasaribu dan Simanjuntak menegaskan bahwa:

a. Tujuan umum dari evaluasi adalah :

1.) mengumpulkan data-data yang membuktikan taraf kemajuan murid dalam mencapai tujuan yang diharapkan;

2.) memungkinkan pendidik/guru menilai aktivitas /pengalaman yang didapat ;

3.) menilai metode mengajar yang dipergunakan.

b. Tujuan khusus dari evaluasi adalah :

1.) merangsang kegiatan siswa

2.) menemukan sebab-sebab kemajuan atau kegagalan

3.) memberi bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan, perkembangan dan bakat siswa yang bersangkutan

4.) memperoleh bahan laporan tentang perkembangan siswa yang diperlukan orang tua dan lembaga pendidik

5.) untuk memperbaiki mutu pelajaran/cara belajar dan metode belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar